Sumut

Pembangunan Ibu Kota (IKN) Nusantara Keuntungan Besar bagi BUMN

post-img
Foto : Anggota DPR RI Rudi Hartono Bangun

LDberita.id - Binjai, Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara memberikan keuntungan bagi BUMN-BUMN, salah satunya untuk Waskita Karya.

"IKN merupakan proyek yang bersifat berkesinambungan dan jangka panjang. Sehingga bisa memberikan keuntungan bagi emiten BUMN Karya dalam memberikan kontribusi terhadap pembangunan IKN," jelas anggota DPR RI Komisi VI, Rudi Hartono Bangun SE MAP di Tomuria Hall, Jalan Insinyur H. Juanda, Mencirim, Kecamatan Binjai Timur, Kota Binjai, Sumatera Utara, Senin (7/1/2023).

Fraksi Nadem DPR RI, kata Rudi, berkomitmen mendukung proyek pembangunan IKN yang dikerjakan BUMN.

“BUMN berkomitmen dalam rangka mendukung proyek pembangunan IKN di Kalimantan Timur secara jangka panjang selama proyek IKN terus berjalan, maka bisa membantu dalam mendatangkan katalis positif bagi emiten BUMN Karya," kata Rudi dalam kegiatan sosialisasi bertemakan BUMN Karya Memberikan Kontribusi terhadap Pembangunan IKN.

Wakil Rakyat dari Dapil Sumut III itu mengungkapkan PT Waskita Karya memiliki misi besar dalam membangun IKN.

"PT Waskita Karya memiliki misi besar yakni membangun Ibu Kota Negara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Bahkan sejauh ini seperti PT Waskita Karya pada akhir 2022 sudah berhasil mendapatkan posisi gemilang dalam peningkatan laba kotor yakni sebesar Rp 627,24 miliar atau meningkat secara drastis sebesar 14,8 persen dibandingkan tahun lalu pada 2021 dan mendapatkan dua proyek di IKN, yaitu proyek jalan tol senilai Rp 2,2 triliun," bebernya.

Wakil Rakyat yang sering menyapa masyarakat di Dapilnya itu mengatakan Waskita Karya sudah berkontribusi membangun infrastruktur besar di tanah air, antara lain jalan tol, bendungan, apartemen, jaringan listrik nasional, pengembangan masjid dan lainnya.

Rudi mengatakan Waskita Karya memiliki fungsi sebagai katalisator pembangunan di tanah air untuk Indonesia Maju.

Selain itu, ujarnya, perannya sangat strategis dalam mendukung program pemerintah untuk memulihkan perekonomian nasional melalui pembangunan infrastruktur yang diarahkan untuk penyediaan layanan dasar, peningkatan konektivitas serta dukungan pemulihan ekonomi dan menciptakan rantai ekonomi baru bagi IKN dan wilayah sekitarnya.

"Dengan geliat rencana pembangunan IKN yang dimotori oleh BUMN karya bisa menarik minat Investor untuk berinvestasi di IKN sesuai dengan harapan pemerintah," pungkasnya. (Tim)

Berita Terkait