Batubara

Menjaga Harta Karun Laut Batu Bara, Peran Penting Pemerintah Daerah

post-img
Foto : Potensi laut Batu Bara yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan berperan penting dalam kesejahteraan masyarakat nelayan Kabupaten Batu Bara

LDberita.id - Batubara, Kabupaten Batu Bara dikenal dengan kekayaan sumber daya perikanan lautnya. Potensi ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi dan berperan penting dalam kesejahteraan masyarakat nelayan Kabupaten Batu Bara.

Namun, untuk menjaga kelestarian dan keberlanjutan sumber daya laut ini, diperlukan pengawalan yang ketat dari pemerintah daerah dan dinas terkait, ujar Yuslan warga Desa Perupuk saat disikusi, Rabu (03/07/2024).

Ia menyapaikan, bahwa laut Batu Bara menawarkan berbagai jenis ikan dan hasil laut lainnya yang menjadi sumber penghidupan bagi banyak nelayan.

Dari ikan pelagis seperti tongkol dan kembung hingga ikan demersal seperti kakap dan kerapu, wilayah perairan ini merupakan salah satu daerah tangkapan utama di Sumatera Utara.

Selain itu, terumbu karang dan ekosistem laut lainnya di wilayah ini menjadi habitat penting bagi berbagai spesies laut.

Namun, potensi besar ini juga menghadapi tantangan serius. Penangkapan ikan yang tidak teratur dan ilegal (Illegal, Unreported, and Unregulated Fishing atau IUU Fishing) dapat mengancam keberlanjutan sumber daya laut di daerah ini.

Oleh karena itu, pengawalan dari dinas terkait sangat diperlukan untuk mencegah eksploitasi berlebihan dan menjaga keseimbangan ekosistem.

Pemerintah daerah harus memperketat pengawasan terhadap aktivitas penangkapan ikan di wilayah ini.

Penegakan hukum yang tegas terhadap pelanggaran seperti IUU Fishing sangat penting untuk menjaga keberlanjutan sumber daya laut.

Memberikan edukasi dan pelatihan kepada nelayan mengenai praktik perikanan berkelanjutan dan penggunaan teknologi ramah lingkungan dapat membantu mengurangi dampak negatif terhadap ekosistem laut.

Menetapkan peraturan yang mendukung kelestarian sumber daya laut, seperti kuota penangkapan ikan, ukuran minimum ikan yang boleh ditangkap, dan penutupan sementara area penangkapan untuk regenerasi ikan, sangat penting untuk menjaga keseimbangan ekosistem.

Mendorong partisipasi aktif masyarakat nelayan dalam pengawasan dan pelestarian sumber daya laut Batu Bara, ujarnya.

Pembentukan kelompok nelayan yang bertugas memantau dan melaporkan aktivitas penangkapan ikan dapat menjadi langkah efektif dalam menjaga sumber daya laut Batu Bara,

Meningkatkan infrastruktur pendukung seperti pelabuhan perikanan, fasilitas penyimpanan dingin, dan pasar ikan dapat membantu meningkatkan kesejahteraan nelayan dan nilai ekonomi dari hasil tangkapan.

Dengan pengelolaan yang tepat, potensi perikanan di Kabupaten Batu Bara tidak hanya dapat meningkatkan perekonomian daerah, tetapi juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan.

Hasil tangkapan yang melimpah dapat memenuhi kebutuhan lokal dan juga diekspor ke berbagai daerah, memberikan kontribusi signifikan terhadap pendapatan daerah.

Pemerintah Kabupaten Batu Bara telah menunjukkan komitmennya dalam menjaga dan mengelola sumber daya perikanan dengan lebih baik.

Dinas Kelautan dan Perikanan setempat terus berupaya meningkatkan pengawasan, edukasi, dan infrastruktur untuk mendukung kelestarian laut dan kesejahteraan nelayan.

Dalam jangka panjang, kolaborasi antara pemerintah daerah, masyarakat, dan berbagai pihak terkait akan menjadi kunci keberhasilan dalam menjaga kelestarian sumber daya perikanan di Kabupaten Batu Bara.

Dengan demikian, potensi besar ini dapat dimanfaatkan secara berkelanjutan, memberikan manfaat ekonomi yang maksimal, dan menjaga keseimbangan ekosistem laut untuk generasi mendatang." tandasnya. (Boy)

Berita Terkait