Batubara

KPU Batu Bara lantik 450 Anggota PPS, Siap Sukseskan Pemilu 2024

post-img
Foto : KPU Batu Bara saat melakukan pelantikan 450 PPS Batu Bara

LDberita.id - Batubara, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batubara melantik dan mengambil sumpah/janji 450 dari 453 yang terpilih ditetapkan sebagai anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji penyelenggara Pemilu tingkat desa/kelurahan se Kabupaten Batubara ini dilakukan Ketua KPU M.Amin Lubis di Singapore City Hotel Gedung Refless Jalinsum Sei Balai, Selasa (24/1).

Dia berharap anggota PPS yang dilantik untuk melaksanakan tupoksi selama menjadi penyelenggara serta menjaga mematuhi pakta integritas dan nama baik lembaga.

“Ini harapan kami PPS untuk menjalankan tupoksi serta menjaga mematuhi pakta integritas yang digariskan dan nama baik lembaga”, tukas Ketua KPU Kabupaten Batubara M.Amin Lubis.

Selain itu berkoordinasi dengan Pemerintahan Desa/Kelurahan mengumpulkan data pemilih dan melaporkan kepada PPK sebagai perwakilan KPU di kecamatan serta menciptakan Pemilu jujur, adil dan demokrasi.

Selanjutnya KPU melakukan evaluasi terhadap PPS khususnya bagi yang tidak hadir dalam pelantikan.

“Hari ini dilantik 450. Tiga lainnya tidak hadir , satu ijin dan sakit, satu lagi mengundurkan diri,” terangnya.

Dari jumlah ini lanjut Amin, Desa Panjang Kecamatan Talawi dua PPS terpilih, berbeda dengan desa/kelurahan lain masing-masing 3. Sebab ada yang tidak hadir dalam mengikuti tahapan seleksi CAT dan tidak ada PAW.

“Di sini KPU akan melakukan koordinasi kepada Dinas Pendidikan untuk memenuhi jumlah PPS Desa Panjang,” ujarnya.

Terkait pemilihan Ketua PPS, KPU tidak mencampuri dan diserahkan sepenuhnya kepada PPS memilih.

Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji PPS yang tersebar di  151 desa/kelurahan 12 kecamatan Kabupaten Batubara diisi dengan pembekalan/bimbingan teknis oleh KPU.

Turut hadir Komisioner KPU, Muksin Khalit, Alhusin Harahap, M.Ali Akbar dan Erwin Tora serta sekretariat KPU, Ketua Bawaslu Edy Sutoyo, PPK dan PPS terpilih. (Has/Jas)

Berita Terkait