Batubara

Covid-19 Perdana Di Batu Bara, Kapolres Minta Camat dan Kades Lebih Wasapada

post-img

Batu Bara, (LDberita)
Terkait ditemukannya warga positif terpapar Covid-19, Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis minta Camat dan Kepala Desa se Kabupaten Batu Bara untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap warganya. 

Permintaan tersebut disampaikan Kapolres AKBP Ikhwan saat 
menyalurkan bantuan sembako kepada keluarga yang tertimpa musibah virus Corona (Covid-19) di Desa Pulau Sejuk,  Kec Datuk Lima Puluh, Kab Batu Bara, Senin (15/6/20).

Sekedar diketahui, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Batu Bara drg. Wahid Khusyairi mengumunkan kasus positif Covid-19 pertama di Kabupaten Batu Bara, Minggu (14/6/20).

Dikatakan Wahid, seorang remaja putri berusia 18 tahun warga Desa Lubuk Hulu yang bersama orangtuanya berdomisili di Desa Pulau Sejuk yang merupakan desa tetangga, berdasarkan hasil pemeriksaan RS. Murni Teguh Medan dinyatakan positif terpapar Covud-19.

Selama ini yang bersangkutan diketahui tinggal di Medan karena bekerja sebagai asisten rumah tangga.

Ketika lebaran Idul Fitri lalu, yang bersangkutan mudik kekediaman orangtuanya di Desa Pulau Sejuk namun telah sempat kembali ke Medan sekitar seminggu lalu.

Ketika diketahui dirinya positif terpapar Covid-19, remaja putri tersebut dipanggil pulang dan kini telah ditempatkan di karantina SMKN 1 Lima Puluh untuk menjalani isolasi selama 14 hari.

Kedatangan Kapolres Batu Bara AKBP Ikhwan Lubis mendatangi rumah keluarga pasien yang dinyatakan positif rapid tes bersama Kadis Kesehatan Batu Bara drg Wahid Khusyairi, Kasat Binmas AKP M Safi'i, Binmas Polsek Lima Puluh dan Koordinator KSJ Batu Bara Ahmad Yani disambut Kepala Desa Pulau Sejuk Siswanto beserta tim kesehatan Puskesmas Simpang Dolok.

"Kegiatan ini bagian bakti sosial Polres Batu Bara dalam rangka HUT Bhayangkara sekaligus membantu keluarga warga yang tertimpa musibah yakni keluarga dari pasien yang dinyatakan positif rapid tes. Kunjungan memberikan bantuan diharapkan dapat meringankan beban mereka sekaligus memberikan dukungan moral kepada keluarga pasien", ungkap AKBP Ikhwan Lubis.

Kapolres juga mengharapkan kepada keluarga pasien untuk bersabar dengan musibah yang sedang dihadapi.

Senada Kadis Kesehatan Batu Bara yang juga Juru Bicara GTPP Covid-19 Kabupaten Batu Bara drg. Wahid Khusyairi juga minta para Camat dan Kades mengetahui keluar masuknya warga.

"Bagaimanapun kasus positif ini kasus dari luar karena yang bersangkutan melakukan perjalanan ke daerah pandemi. Camat, Kades harus tau warganya keluar masuk. Ambil hikmah pelajaran dari kasus positif Covid-19 ini, sehingga tidak ada lagi kasus serupa", pinta Kadis Kesehatan. 

Pada kesempatan tersebut Kadis Kesehatan Batu Bara drg Wahid Khusyairi menyampaikan himbauan kepada masyarakat untuk senantiasa tetap mematuhi aturan pemerintah dan menerapkan protokol pencegahan dan penanganan Covid-19.

“Kami mohon untuk terus mematuhi aturan pemerintah. Terapkan social distancing dan protokol pencegahan Covid-19 seperti tetap memakai masker dan jaga jarak", pungkas drg Wahid. (od)

Berita Terkait