Batubara

Kontingen Batubara Persembahkan Tari Kreasi Kolosal Gebyar Semangat Anak Muda Membangun

post-img
Foto : Wakil Bupati Batubara, Oky Iqbal Frima, berikan semangat pada peserta kontingen pramuka Batubara pada kegiatan Jambore Daera (Jamda) Sabtu (16/07)

LDberita.id - Batubara, Sebanyak 72 peserta kontingen pramuka Batu Bara ikut memeriahkan kegiatan Jambore Daera (Jamda) dan Kemah Bersama Majelis Pembimbing (Mabi) dan Kwartir Gerakan Pramuka Sumatera Utara dengan mempersembahkan tari kreasi kolosal gebyar semangat anak muda membangun.

“Tarian ini menggambarkan semangat anak muda mudi Batubara yang telah lama terperangkap di masa pandemi sekaligus menggambarkan kegiatan masyarkat yang ada di Batubara. Sehingga anak-anak Batubara yang tinggal di wilayah pesisir merasa semangat untuk terus berkreasi, berprestasi, serta melestarikan budaya dan tetap dalam lingkaran kebhinekaan NKRI.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Batubara, Oky Iqbal Frima dalam acara dalam kegiatan tersebut yang resmi digelar di Bumi Perkemahan Sibolangit, Deli Serdang, pada Sabtu (16/07).

Sebanyak 3.684 peserta pramuka penggalang terbaik utusan dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten/Kota mengikuti kegiatan tersebut.

Dalam kesempatan tersebut wakil Bupati Wabup Oky mengikuti upacara pembukaan Jamda dan Kemah Bersama Mabi dan Kwartir Gerakan Pramuka Sumut yang dipimpin oleh Ketua Mabida Sumut sekaligus Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Dalam arahannya Gubernur Edy mengatakan bahwa kader-kader bangsa lahir dari nilai kebangsaan yang telah dibahas di pramuka,

“Yakinlah dan percayalah bangsa ini sangat memerlukan orang-orang seperti kalian. Karena kalian adalah cikal bakal yang dibutuhkan bangsa ini,” ungkap Gubsu Edy.

Sementara itu, Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Sumut H. Nurdin Lubis, S.H., dalam sambutannya mengatakan bahwa sejarah baru dicetak di Bumi Perkemahan Sibolangit yakni menggelar Kemah Mabi dan Kwartir Gerakan Pramuka perdana di Sumut, terhitung mulai 15-17 Juli. Sedangkan Jamda digelar pada 15-20 Juli,

“Kemah Mabi dan Kwartir Gerakan Pramuka ini perdana dilakukan di Sumut yang merupakan gagasan dari Gubernur Edy yang diikuti Bupati/Wali Kota dan Wakil Bupati/ Wakil Wali Kota dan Muspida se-Sumut,” ungkap Nurdin Lubis.

Upacara ditutup dengan penyerahan surat Gubernur Sumatera Utara No: 593/6442/2022 tanggal 14 Juni 2022, perihal persetujuan pinjam pakai tanah dan bangunan milik Pemprov Sumut untuk digunakan sebagai Kantor Kwartir Daerah Sumut oleh Gubsu kepada Ketua Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sumut." pungkasnya. (Bud)

Berita Terkait