Sumut

Hari Pramuka ke-61 Edy Rahmayadi: Bumi Perkemahan Sibolangit Harus Kembali ke Pramuka

post-img
Foto : Kegiatan Upacara Hari Pramuka ke-61 tingkat Provinsi Sumut di Lapangan Astaka, Jalan Willem Iskandar,, Deliserdang, Sabtu (3/09)

LDberita.id - Deliserdang, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menginginkan Bumi Perkemahan Pramuka Sibolangit kembali sepenuhnya untuk gerakan Pramuka. Hal itu diungkapkannya pada saat menjadi inspektur upacara Hari Pramuka ke-61 tingkat Provinsi Sumut di Lapangan Astaka, Jalan Willem Iskandar,, Deliserdang, Sabtu (3/09/2022).

“Ada tanah 250 hektare di Sibolangit, tanah Pramuka, saat ini sedang diurus untuk kembali sepenuhnya, agar bisa kembali menggalakkan kegiatan Pramuka di sana, bumi Perkemahan Pramuka ini harus kembali ke Pramuka, ” kata Edy.

Bumi Perkemahan Pramuka memiliki posisi yang sangat strategis dan penting bagi gerakan kepanduan. Karena, menurutnya,  lahan tersebut untuk mendidik kepramukaan, kepanduan, sampai ke anak dan cucu.

Menurut Edy Rahmayadi, gerakan Pramuka mestilah terus digalakkan. Gerakan Pramuka sangat besar manfaatnya bagi generasi muda. Mulai dari menanamkan pendidikan bela negara hingga menghindari generasi muda dari kegiatan negatif.

Selain itu, Pramuka sudah disiapkan sedemikian rupa untuk bela negara. Peran bela negara Pramuka tidak dilakukan sekarang saja. Melainkan sudah dilakukan sejak dahulu.

“Pramuka ini tak terlepas dari sepak terjang para pendahulu kita, dengan meneriakkan pandu ikut serta memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, setelah lahirnya negara ini baru diresmikan Pramuka, ” kata Edy.

Kata Edy, keterlibatan Pramuka dalam bela negara sudah diatur di dalam sistem manajemen nasional (Sismenas). “Kita tahu arah Pramuka disusun dalam aturan di dalam Sismenas yang mengatur kedisiplinan bangsa ini dalam rangka mengisi kemerdekaan, ” ujar Edy.

Ketua Kwartir Daerah Pramuka Sumut Nurdin Lubis mengatakan, Kwarda Sumut telah melaksanakan berbagai kegiatan dalam rangka Hari Pramuka ke-61. Di antaranya mengirim 534 kontingen mengikuti Jambore Nasional di Cibubur, ziarah ke Taman Makam Pahlawan, memberikan tali asih kepada sesepuh Pramuka, donor darah, hingga uparaca Hari Pramuka.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan penghargaan kepada 33 orang yang berjasa aktif dan memberikan darma baktinya pada gerakan Pramuka di Sumut. Adapun penerima penghargaan tersebut di antaranya Sekretaris Daerah Provinsi Sumut Arief Sudarto Trinugroho, Bupati Asahan Surya, Bupati Batubara Zahir, Bupati Labuhanbatu Erik Adtrada Ritonga, dan lainnya.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kapolda Sumut RZ Panca Putra, Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Ilyas Sitorus, OPD Pemprov Sumut dan lainnya. (Roy)

Berita Terkait