Batubara

Gedung Dekranasda Batu Bara Diresmikan, Dukung UMKM Naik Kelas

post-img
Foto : Peresmian gedung dekranasda oleh Bupati Zahir, Kamis (19/01)

LDberita.id - Batubara, Guna mendukung sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Batu Bara agar mampu bersaing di pasar nasional dan mancanegara, Pemerintah Kabupaten Batu Bara membangun gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) sebagai pusat promosi produk UMKM.

Gedung Dekranasda Batu Bara yang berdiri megah di Jalan Lintas Sumatera Kelurahan Indrasakti, Kecamatan Air Putih, diresmikan langsung oleh Ketua Dekranasda Provinsi Sumatera Utara Nawal Lubis bersama Bupati Batu Bara Ir. H. Zahir, M.AP., dan Ketua Dekranasda Batu Bara Ny. Maya Indriasari Zahir, Kamis (19/01/2023).

Pada kegiatan itu, turut ditampilkan cuplikan video singkat terkait program dan pembinaan yang dilakukan Dekranasda Batu Bara kepada para pelaku UMKM dan hasil karya designer lokal yang membawa wastra Batu Bara tampil di ajang bergengsi seperti fashion show tingkat nasional bahkan internasional. Kegiatan juga diisi dengan pemberian santunan kepada para anak yatim.

Dalam sambutannya, Bupati Zahir mengaku sangat bangga gedung Dekranasda Batu Bara dapat berdiri. Hal ini tentu untuk mendorong pertumbuhan ekonomi di Batu Bara melalui UMKM dan juga sebagai sarana penunjang UMKM naik kelas.

“Saya bangga dan bersyukur dengan keterbatasan anggaran gedung Dekranasda dapat berdiri di Kabupaten Batu Bara,” ucap Bupati Zahir.

Gedung Dekranasda Batu Bara didirikan sebagai wadah promosi untuk memasarkan hasil olahan UMKM Batu Bara yang mengangkat produk unggulan dan ciri khas Kabupaten Batu Bara.

“Produk unggulan khas Batu Bara itu ada songket, batik, tenun, kemasan sereh kepah khas melayu, rendang kepah, sambal teri medan yang sudah dikemas dalam kalengan,” terang Zahir.

Bupati Zahir juga menyebutkan ketersedian fasilitas mesin ATM untuk memudahkan pengunjung saat membeli produk di Dekranasda Batu Bara. Namun Bupati Zahir menyayangkan meskipun sudah disediakan galeri ATM masih saja pihak perbankan seperti BRI dan BNI belum memenuhi permintaan Pemkab Batu Bara untuk memasang mesin ATM di gedung Dekranasda.

“Kita sudah sediakan fasilitas perbankan untuk memudahkan pengunjung saat membeli produk di Dekranasda. Namun mesin ATM dari BRI dan BNI sampai sekarang belum dipenuhi pihak bank. Hanya Bank Sumut yang saat ini baru membantu menyediakan mesin ATM,” tegas Bupati Zahir.

Sementara itu, dalam sambutannya Ketua Dekranasda Provsu Nawal Lubis memberikan ucapan selamat atas hadirnya gedung Dekranasda di Kabupaten Batu Bara. Ia berharap melalui Dekranada wastra Batu Bara terkenal hinga mancanegara.

“Saya mengucapkan selamat dan bahagia Kabupaten Batu Bara bisa memunculkan berbagai sumber dayanya. Sehingga wastra di Sumut khususnya wastra Batu Bara dapat terkenal lagi di Indonesia dan mancanegara,” sebut Nawal Lubis.

Kemudian peresmian gedung Dekranasda ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Ketua Dekranasda Provsu Nawal Lubis dan dilanjutkan pengguntingan pita.

Selanjutnya Bupati Zahir yang didampingi Ketua Dekranasda Batu Bara Ny. Maya Zahir mengajak para tamu memasuki gedung Dekranasda untuk melihat peragaan busana hasil karya desainer lokal dengan menggunakan wastra Batu Bara, kemudian berkeliling melihat galeri Dekranasda seperti kriya, wastra dan olahan makanan khas Batu Bara.

Selain itu para tamu juga diajak berkeliling melihat workshop UMKM, rumah kemasan dan rumah batik yang berada di sekitaran gedung Dekranasda.

Turut hadir Pj. Sekda Batu Bara Norma Deli Siregar, para Asisten Setdakab Batu Bara dan para kepala OPD beserta camat, Ketua Dekranasda Serdang Bedagai Rosmaida Saragih, Ketua Dekranasda Kota Medan Kahiyang Ayu, unsur Forkopimda, para pelaku UMKM dan tamu undangan lainnya. (Bud)

Berita Terkait