Agama

Bupati Brebes Optimis Penyuluh dan Penceramah Agama Efektif Edukasi Masyarakat Percepatan Penurunan Stunting

post-img
Foto : Bupati Brebes, Idza Priyanti

LDberita.id - Brebes, Bupati Brebes, Idza Priyanti meyakini efektivitas pelibatan Penyuluh Agama dan Penceramah dalam upaya penurunan stunting. Menurutnya, Penyuluh dan Penceramah merupakan sosok yang didengar nasihatnya oleh masyarakat.

"Penguatan pencegahan stunting melalui Penyuluh dan Penceramah Agama sangat efektif. Penyuluh dan Penceramah merupakan panutan yang dipercaya masyarakat," ungkap Ida di Pendopo Kabupaten Brebes, Senin (28/11/22).

Dalam Peluncuran Materi Audio Visual Bagi Penyuluh Agama dalam Program Percepatan Penurunan Stunting ini, Idza mengajak seluruh pihak terus berkolaborasi. Apalagi, imbuhnya, prevelensi stunting di Kabupaten Brebes masih tergolong tinggi di angka 26,3%.

"Kita akan terus bergerak memformulasikan program berbasis keluarga bagi keluarga berisiko stunting berupa persiapan rumah tangga, pemenugan gizi, perbaikan pola asuh, akses kesehatan, serta akses air minum dan sanitasi," sambungnya.

Idza meyakini, keterlibatan Penyuluh Agama dan Penceramah mampu memperluas jangkauan sosialisasi kepada masyarakat agar terhindar dari stunting. Idza juga mengajak seluruh masyarakat untuk bersama melakukan serangkaian upaya menghindari stunting demi lahirnya generasi berkualitas.

"Masyarakat bebas stunting merupakan modal kemajuan bangsa. Mari terus edukasi masyarakat terkait pentingnya 1.000 hari pertama kehidupan. Keterlibatan Penyuluh dan Penceramah sangat efektif dalam menjangkau masyarakat agar terhindar dari stunting," pungkas Idza dalam acara yang dihadiri Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Hasto Wardoyo dan Direktur Penerangan Agama Islam Kemenag, Ahmad Zayadi. (Tim)

Berita Terkait