Politik

Bakri Terima Aspirasi 78 Kepala Desa dan BPD Kabupaten Merangin Jambi

post-img
Foto : Anggota Komisi V DPR RI A. Bakri HM menerima audiensi dari 78 Kepala Desa dan BPD yang tergabung dalam BKAD Kecamatan Renah Pembarap, Muara Siau, dan Margo Tabir, Kabupaten Merangin, Jakarta, Kamis (22/9)

LDberita.id - Jakarta, Anggota Komisi V DPR RI A. Bakri HM menerima audiensi dari 78 Kepala Desa dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) yang tergabung dalam Badan Kerja Sama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Renah Pembarap, Muara Siau, dan Margo Tabir, Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi. Dalam pertemuan ini, Bakri berjanji akan menyerap berbagai aspirasi dan akan disampaikan kembali dalam rapat-rapat bersama mitra kerja Komisi V DPR RI terkait.

“Mereka merupakan putra-putra terbaik dari Provinsi Jambi, berdialog bersama dengan perwakilan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi dan juga bersama saya. Banyak hal yang kami serap dari mereka, terkait dengan Undang-Undang Desa, terkait terlalu kakunya birokrasi (dan) aturan-aturan di Kementerian Desa, dan Kementerian Dalam Negeri, sehingga di sini terjadi dialog yang semaksimal mungkin,” jelas Bakri, seusai pertemuan di Gedung Nusantara, Senayan, Jakarta, Kamis (22/9/2022).

Dijelaskan legislator daerah pemilihan (dapil) Jambi ini, aspirasi yang banyak disampaikan terkait kebijakan infrastruktur desa, jalan, usaha tani, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), irigasi desa, termasuk juga perlunya jembatan gantung menuju objek wisata daerah. “Terkait Undang-Undang Desa, baik dalam pertemuan tersebut memang kontra kontra, adanya keterbatasan di sana. Umpamanya bisa bikin gedung, tapi tanahnya tidak ada. Bisa di-bikin jalan, tapi tidak bisa di jalan kabupaten,” jelas Bakri.

“Termasuk juga undang-undang yang katanya mempersulit, yang tumpang tindih. (Aturan) yang di Kementerian Desa Tertinggal boleh, namun di Kementerian Dalam Negeri tidak boleh. Nah ini semuanya sedang kita tampung semua, dan akan kita bahas dengan kementerian terkait. Sudah menjadi tugas saya sebagai wakil mereka untuk menyampaikan dalam rapat-rapat nanti dengan kementerian,” terang Bakri.

Lebih lanjut politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini juga secara terbuka mengundang seluruh kepala desa dan BPD di Provinsi Jambi untuk datang berkunjung ke Gedung DPR untuk bersilaturahmi dan berdialog menyuarakan aspirasi terkait segala hal, menyangkut masa depan juga pembangunan Provinsi Jambi.

“Ini satu hal yang sangat efektif, saya memang sudah dari dulu semenjak tahun 2009 saat dilantik, memang saya sudah melakukan pendekatan dengan upaya-upaya seperti ini. Bagaimana kepala desa yang kebetulan lagi bimtek, saya minta mereka mampir ke Gedung DPR, mereka bisa mengenal bagaimana DPR bekerja, mereka bisa melihat tentang museum, di sini mereka bisa merasa rumah sendiri,” tutup Bakri. (we/tim)

Berita Terkait