Batubara

Pj Bupati Batu Bara Minta Dinkes Berikan Pelayanan Kesehatan Bagi Jemaah Haji yang Baru Pulang

post-img
Foto : Pj. Bupati Batu Bara, H. Heri Wahyudi Marpaung, saat menyambut kedatangan jemaah haji asal Kabupaten Batu Bara di Asrama Haji Medan. di Asrama Haji Medan, Jumat (05/07/2024)

LDberita.id - Batubara, Pj Bupati Batu Bara, H. Heri Wahyudi Marpaung, S.STP, M.AP., dan Pj. Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Batu Bara, Ny. dr. Febyriani Heri Wahyudi, menyambut kedatangan jemaah haji asal Kabupaten Batu Bara dari Kelompok Terbang (kloter) 11 Embarkasi Medan 1445 H di Asrama Haji, Medan, pada Jumat (5/07/2024).

Dalam suasana haru dan syukur, Heri Wahyudi menyampaikan rasa terima kasih kepada Tuhan atas kembalinya jemaah haji dengan selamat dan sehat.

“Kami merasa bersyukur bahwa semua jemaah haji asal Kabupaten Batu Bara telah kembali dalam keadaan selamat. Ini adalah berkah yang patut kita syukuri bersama,” ujarnya.

Prioritaskan Pemeriksaan Kesehatan, Menanggapi kedatangan para jemaah haji, Heri Wahyudi menegaskan pentingnya langkah-langkah proaktif untuk menangani kesehatan mereka.

Dalam sambutannya, ia menginstruksikan Dinas Kesehatan Kabupaten Batu Bara untuk segera melakukan pemeriksaan kesehatan bagi jemaah haji tanpa biaya.

"Setiap jemaah haji yang baru pulang harus segera memeriksakan kesehatannya di fasilitas yang telah kami sediakan. Pemeriksaan ini harus dilakukan dengan cepat dan tanpa dipungut biaya sepeser pun," tegasnya.

Instruksi ini, menurut Heri, merupakan bagian dari upaya pencegahan dan deteksi dini terhadap penyakit yang mungkin dibawa oleh jemaah haji setelah melakukan perjalanan jauh.

“Pencegahan dan deteksi dini adalah kunci untuk menjaga kesehatan masyarakat kita,” tambahnya.

Arahan tegas ini juga menggarisbawahi tantangan yang dihadapi Dinas Kesehatan Kabupaten Batu Bara.

Dalam beberapa tahun terakhir, pelayanan kesehatan di Batu Bara kerap mendapatkan kritik dari masyarakat terkait kurangnya fasilitas, waktu tunggu yang panjang, serta kekurangan tenaga medis yang memadai dan sering menjadi alasan," tegasnya lagi

"Instruksi ini menjadi tugas bagi Dinas Kesehatan Batu Bara untuk bergerak cepat dan konsisten meningkatkan kualitas pelayanan mereka," jelas Heri Wahyudi.

"Kami berharap kali ini mereka bisa memberikan pelayanan yang lebih baik dan bisa diandalkan, terutama dalam situasi mendesak seperti ini.

Masyarakat Batu Bara kini menanti bagaimana Dinas Kesehatan akan menanggapi dan mengimplementasikan arahan dari Pj Bupati.

Sebelumnya, terdapat laporan mengenai penanganan yang lamban dan tidak memadai terhadap pasien yang membutuhkan perawatan mendesak. Keberhasilan dari instruksi ini akan menjadi tolok ukur bagi kinerja Dinas Kesehatan ke depannya.

“Publik ingin melihat tindakan nyata dan cepat dari Dinas Kesehatan. Ini adalah momen bagi mereka untuk membuktikan bahwa mereka mampu memberikan pelayanan yang layak dan baik bagi para jemaah haji yang baru tiba,” kata Heri.

Dalam penutupannya, Heri Wahyudi menyatakan bahwa instruksi ini bukan hanya untuk jemaah haji saat ini, tetapi sebagai langkah awal untuk peningkatan kualitas pelayanan kesehatan di Batu Bara secara keseluruhan.

"Mari kita bersama-sama memastikan bahwa pelayanan kesehatan di Kabupaten Batu Bara terus membaik dan dapat diandalkan oleh seluruh masyarakat," pungkasnya.

Dengan arahan yang jelas dari Pj Bupati, diharapkan Dinas Kesehatan dapat memenuhi harapan masyarakat dan memberikan pelayanan terbaik, khususnya dalam situasi mendesak seperti ini.

Masyarakat berharap arahan Pj Bupati ini akan bisa segera diimplementasikan oleh dinas terkait terhadap pelayanan kesehatan bagi jemaah haji Batu Bara, hanya waktu yang akan menjawabnya. (Boy)

Berita Terkait