Politik

Pilkada 2024 : Harapan Baru Masyarakat Batu Bara, Bukan Memilih Kucing dalam Karung

post-img
Foto : Berhati-hati dan teliti dalam memilih calon pemimpin, agar tidak terjebak dalam memilih "kucing dalam karung"

LDberita.id - Batubara, Menjelang Pilkada 2024, masyarakat Kabupaten Batubara diharapkan dapat lebih cerdas dalam memilih pemimpin yang akan membawa perubahan positif bagi daerah tersebut. Ketua cabang Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kabupaten Batu Bara, Jasmi Assayuti, mengingatkan pentingnya pemilihan yang tepat demi keberlangsungan pembangunan Batu Bara selama lima tahun ke depan.

Jasmi Assayuti menekankan bahwa masyarakat harus berhati-hati dan teliti dalam memilih calon pemimpin, agar tidak terjebak dalam memilih "kucing dalam karung". Pernyataan ini merujuk pada pentingnya mengenali dan memahami betul latar belakang, visi, dan misi calon-calon pemimpin yang akan maju dalam Pilkada Batu Bara nantinya," ujarnya Selasa (4/06/2024).

"Pemilihan pemimpin yang tepat adalah kunci keberhasilan pembangunan Batubara ke depan. Masyarakat harus cerdas dan kritis dalam menilai setiap calon, bukan hanya berdasarkan janji-janji manis atau popularitas semata," ujar Jasmi Assayuti.

Kita Butuh Transparansi dan Akuntabilitas Pilkada

Pentingnya transparansi dan akuntabilitas dalam proses Pilkada juga menjadi sorotan utama. Masyarakat diimbau untuk tidak mudah tergiur oleh iming-iming politik uang dan janji-janji yang tidak realistis.

Menurut Jasmi Assayuti, calon pemimpin yang baik adalah mereka yang memiliki rekam jejak yang jelas dan program kerja yang konkret serta dapat dipertanggungjawabkan.

"Jangan sampai kita terbuai oleh janji-janji yang belum tentu terealisasi. Lihatlah rekam jejak para calon, apakah mereka pernah berkontribusinyata untuk masyarakat Batu Bara atau tidak. Pilihlah pemimpin yang memiliki integritas dan komitmen untuk memajukan Bumi Melayau Batu Bara," tambahnya.

Pendidikan Politik untuk Masyarakat

Jasmi Assayuti juga menekankan pentingnya pendidikan politik bagi masyarakat Batu Bara. Dengan pemahaman yang baik mengenai proses politik dan pentingnya partisipasi aktif dalam Pilkada, diharapkan masyarakat Batu Bara dapat membuat keputusan yang lebih bijaksana.

"Pendidikan politik sangat penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan hak dan kewajiban mereka dalam Pilkada Batu Bara kedepan. Ini bukan hanya tentang memilih pemimpin, tetapi juga tentang masa depan masyarakat Batu Bara," tegasnya.

Partisipasi Aktif Masyarakat Batu Bara

Selain itu, partisipasi aktif masyarakat dalam setiap tahapan Pilkada, mulai dari kampanye hingga hari pemungutan suara, sangat dibutuhkan. Partisipasi ini tidak hanya dalam bentuk kehadiran di TPS saja, tetapi juga dalam mengawasi jalannya proses Pilkada Batu Bara agar tetap berjalan jujur, adil, dan transparan.

"Masyarakat harus aktif dalam mengawasi proses Pilkada. Jika menemukan adanya kecurangan atau pelanggaran, segera laporkan kepada pihak berwenang. Keterlibatan aktif masyarakat adalah salah satu kunci suksesnya Pilkada yang bersih dan demokratis," tutup Jasmi Assayuti.

Dengan harapan baru ini, masyarakat Kabupaten Batu Bara diharapkan dapat memilih pemimpin yang benar-benar mampu membawa perubahan positif dan memajukan daerah. Pilkada 2024 menjadi momentum penting untuk mewujudkan harapan tersebut, dengan memilih pemimpin yang berkompeten, jujur, dan bertanggung jawab," pungkasnya. (End)

Berita Terkait