Agama

Kemenag Harap BAZNAS Terus Tingkatkan Kesejahteraan Umat

post-img
Foto : Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin, pada Rakornas BAZNAS di Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (24/08)

LDberita.id - Jakarta, Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama, Kamaruddin Amin mengapresiasi Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Tahun 2022. Dirjen berharap BAZNAS terus berkontribusi meningkatkan kesejahteraan umat.

“BAZNAS bersama pemerintah terus berkontribusi dalam meningkatkan kualitas kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Dirjen mewakili Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas pada acara Rakornas BAZNAS di Holiday Inn, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (24/08).

Sementara itu, Ketua BAZNAS Noor Achmad bersyukur bahwa lembaga yang dipimpinnya kini sudah tak lagi dipandang sebagai organisasi masyarakat maupun lembaga swadaya masyarakat (LSM) oleh masyarakat utamanya pemerintah daerah,

"BAZNAS tidak lagi dipandang sebagai Ormas, BAZNAS tak lagi dipandang seperti LSM. Sehingga cukup banyak yang dilakukan gubernur dan wali kota yang mulai menata BAZNAS menjadi bagian dari pemerintah itu sendiri," ujar Noor.

Noor mengatakan, dalam memperkuat peran BAZNAS di daerah-daerah, akan terus bersinergi dengan Kementerian Agama dan Kementerian Dalam Negeri. Nantinya, tiga lembaga tersebut bakal bersatu-padu dalam menyukseskan program pengentasan rakyat miskin dan kesejahteraan umat,

"Kita harapkan program-program di daerah bisa dilaksanakan bersama-sama," kata dia.

Dalam Rakornas Baznas kali ini, ada sejumlah poin yang menjadi pembahasan, pertama penguatan lembaga dan manajemen, penguatan sumber daya manusia, penguatan infrastruktur, hingga pengumpulan dan perluasan distribusi zakat.

Editor: IPNU Batubara

Berita Terkait