Batubara

Kapolres Batu Bara, Arungi Air Setinggi Pinggang demi Bantu Korban Banjir di Desa Lubuk Cuik

post-img
Foto : Kapolres Batu Bara AKBP Jose DC Fernandes, S. I. K bersama Kapolsek lima Puluh AKP Rusdi, SH. MH., saat melakukan Pengecekan di pemukiman rumah warga di Desa Lubuk Cuik Kecamatan Lima Puluh Pesisir

LDberita.id - Batubara, Kembali Bencana Alam berupa banjir terjadi lagi di beberapa Wilayah Hukum Polres Batu Bara akibat curah hujan yang sangat tinggi, Kali ini banjir melanda Desa Lubuk Cuik Kecamatan Lima Puluh Pesisir Batu Bara.

Sebelum nya, Pada hari Senin (21/11) banjir diakibatkan dari luapan air aliran Sungai Bahbolon yang meluap masuk ke Perkebunan TIU kemudian dari Perkebunan TIU Air melimpah melalui Parit Perkebunan ke Pemukiman Warga yang berada di Dusun 1 Desa Lubuk Cuik Kec. Lima Puluh Pesisir Kab. Batu Bara dengan ketinggian Air dihalaman rumah warga antara 10 Cm-20 Cm.

Kemudian pada hari Selasa (22/11) luapan air yang masuk ke pemukiman warga Dusun 1 Desa Lubuk Cuk Kec. Lima Puluh Pesisir Kab. Batu Bara mulai surut dan sekira pukul 17.00 Wib s/d pukul 22.00 Wib hujan kembali turun dengan sangat deras di beberapa wilayah di Kab. Batu Bara dan Kab. Simalungun.

Selanjutnya pada hari Rabu (23/11), kembali luapan air dari aliran Sungai Bahbolon yang meluap masuk ke Perkebunan TIU yang sempat surut dan kemudian air hujan yang deras kembali melimpah melalui Parit Perkebunan ke Pemukiman Warga yang berada di Dusun 1 Desa Lubuk Cuik Kec. Lima Puluh Pesisir Kab. Batu Bara dengan ketinggian Air dihalaman rumah warga antara 50 Cm-100 Cm.

Mendapat informasi banjir yang kembali melanda di beberapa wilkum nya, Kapolres Batu Bara AKBP Jose DC Fernandes S. I. K melakukan Pengecekan ke pemukiman rumah warga yang terdampak luapan air yang berada di Dusun I Desa Lubuk Cuik lima Puluh Pesisir.

Turut hadir mendampingi Kapolres Batu Bara AKBP Jose D. C. Fernandes, S.I.K yakni Kabag Ops Polres Batu Bara KOMPOL Imam Alriyuddin, SH, MH, Kasat Samapta Polres Batu Bara AKP D. P. Sinaga, SH, MH, Kasat Binmas Polres Batu Bara AKP Agus Ita Lestari br Ginting, S.I.K,. M.S.I, Kapolsek Lima Puluh AKP Rusdi, SH, MH, KBO Lantas IPTU J Manurung, Kanit Regiden IPDA Riki Hamdani, SE dan para Personel Patroli Sat Samapta Polres Batu Bara serta Personil Polsek Lima Puluh.

Dalam kegiatan Pengecekan Banjir di Dusun 1 Desa Lubuk Cuik Kec. Lima Puluh Pesisir

Bersamaan dengan itu, Kapolres Batu Bara AKBP Jose DC Fernandes bersama personil Polres Batu memberikan bantuan untuk Korban Banjir Dusun 1 Desa Lubuk Cuik Yakni berupa Beras 30 Zak (5 Kg), Selimut 30 Pcs, Mie Instan 10 Kotak dan Melakukan Pemeriksaan Kesehatan bagi warga yang terdampak banjir.

Adapun Data Warga yang terkena dampak Banjir di Dusun 1 Desa Lubuk Cuik sebanyak 44 Kepala Keluarga namun belum ada Korban Jiwa dan atas Kerugian Meteri untuk saat ini belum dapat di taksir.

Untuk diketahui bahwa Bencana Alam berupa banjir terjadi dikarenakan curah hujan yang sangat tinggi di daerah Kab. Simalungun. Dan itu menyebabkan Aliran Air Sungai Bahbolon meluap ke perkebunan TIU dan dari Perkebunan TIU melalui Parit Kebun, Air kembali masuk ke Pemukiman Warga yang berada di Dusun 1 Desa Lubuk Cuik Kec. Lima Puluh Pesisir Kab. Batu Bara dengan ketinggian air mencapai 30 Cm-100 Cm.

Terkait Hal tersebut diatas Personel Polres Batu Bara telah menghimbau warga yang rumahnya terdampak luapan air agar mengungsi sementara ketempat saudara/sanak family yang rumahnya tak terkena banjir.

Sebab tidak menutup kemungkinan luapan air sungai Bahbolon semangkin meluas, mengingat tingginya intensitas curah hujan saat ini dan tidak menutup kemungkinan juga akan adanya Data tambahan bagi warga yang terkena dampak luapan air sungai akibat curah hujan yang saat ini memang sangat Tinggi.

Bencana Alam berupa banjir akan berlangsung lama sehingga tidak menutup kemungkinan akan adanya penyakit menyerang masyarakat, untuk itu, pihak Polres Batu Bara menyarankan agar warga melakukan pengungsian ke Posko Penangan Banjir yang telah disiapkan.

Langkah-langkah yang diambil Polres Batu Bara dengan melakukan pendataan terhadap korban yang terkena dampak luapan air sungai Bahbolon serta melakukan Evakuasi terhadap masyarakat yang rumahnya terkena banjir untuk mengungsi kedataran lebih tinggi atau rumah sanak saudara yang tidak terkena banjir.

Dalam hal ini, Kapolres Batu Bara AKBP Jose DC Fernandes mengintruksikan agar Personel Polres Batu Bara bersama Dinas BPBD Kab. Batu Bara tetap Standby dan Siaga dilokasi yang terdampak luapan air Sungai guna mengantisipasi luapan air Sungai susulan." tandasnya. (Kst/Bud)

Berita Terkait