Agama

Gelar Sertifikasi Nazir, Dirzawa Ingin Pemanfaatan Wakaf Semakin Produktif

post-img
Foto : Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag, Tarmizi Tohor

LDberita.id - Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag menggelar kegiatan pelatihan sertifikasi nazir yang diikuti sebanyak 20 pimpinan nazir yayasan/perorangan di Ciawi, Kabupaten Bogor. Kegiatan berlangsung pada Selasa-Kamis, 10-12 Mei 2022.

Dalam sambutannya, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kemenag, Tarmizi Tohor menyampaikan, pelatihan bagi para nazir dilakukan untuk mewujudkan pengelolaan harta benda wakaf yang semakin profesional dan produktif,

"Diharapkan nazir tidak hanya mengelola aset wakaf yang telah ada saat ini, namun juga mampu mengembangkannya sehingga lebih produktif," ujar Tarmizi saat membuka acara, Selasa (10/5/2022).

Melalui pelatihan ini, Tarmizi berharap pengembangan aset wakaf di Indonesia dapat memberikan manfaat nyata bagi kemaslahatan umat. Menurutnya, wakaf merupakan salah satu instrumen penting dalam pengembangan keuangan syariah.

"Dengan adanya sertifikasi ini, akan menumbuhkan kepercayaan dari wakif untuk menyerahkan pengelolaan aset wakafnya kepada nazir yang telah memiliki sertifikat," imbuhnya.

Tarmizi menambahkan, para nazir juga harus proaktif dalam upaya pengamanan aset wakaf dengan bersinergi bersama Kantor Pertanahan setempat. Hal ini terkait percepatan sertifikasi tanah wakaf yang sudah ditandatangani nota kesepahamannya antara Kemenag dan Kementerian. (Red)

Berita Terkait