Sumut

Ciptakan Moderasi Beragama di KUA, Kakanwil Kemenagsu: Supaya Rukun, Kita Mesti Moderat

post-img
Foto : Kemenagsu, Drs. H. Abd. Amri Siregar, meresmikan Sentra Moderasi Beragama Berbasis Kantor Urusan Agama di Kecamatan Dolok Masihul, Kamis (2/06/2022)

LDberita.id - Dolok Masihul, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Abd. Amri Siregar, M.Ag bersama Bupati Serdang Bedagai H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati Serdang Bedagai H. Adlin Umar Yusri Tambunan serta Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Serdang Bedagai H. Zulkifli Sitorus, MA meresmikan Sentra Moderasi Beragama Berbasis Kantor Urusan Agama di Kecamatan Dolok Masihul, pada Kamis (2/06/2022).

Kakanwil Kemenagsu mengapresiasi peran pemerintah daerah yang berkolaborasi dengan Kementerian Agama dalam menyukseskan program Moderasi Beragama. Ia berharap dengan sinergitas yang kokoh dan kolaborasi yang mantap dapat menjaga dan merawat kerukunan umat beragama di Serdang Bedagai,

“Melihat kolaborasi dan kerja sama yang hebat ini tentu menjadi modal kuat kita dalam merawat dan menjaga kerukunan. Apalagi dengan adanya sentra moderasi di masing-masing kecamatan. Ini mempermudah kita dalam memetakan dan mengamati setiap dinamika yang terjadi di masyarakat,” ungkapnya.

Beliau juga mengatakan Sentra Moderasi harus selalu diisi dengan penguatan kapasitas, pertemuan, dan dialog antarumat beragama. Abd. Amri juga menekankan keterlibatan penyuluh agama, penghulu, dan guru agama di sentra moderasi beragama berbasis KUA,

“Semua pihak baik penyuluh agama, guru agama, penghulu harus berperan aktif dan turun ke masyarakat menyosialisasikan urgensi moderasi beragama di masyarakat. Karena dengan pemikiran yang moderatlah kerukunan dapat terwujud,” tambahnya.

Abd Amri, menyampaikan Sentra Moderasi Beragama juga harus didukung dengan teknologi agar informasi yang disampaikan dengan mudah tersampaikan. Ia juga meminta pendidikan wawasan kebangsaan terus digaungkan.

Kakanwil juga menyampaikan bahwa program moderasi beragama adalah bukti negara hadir di tengah masyarakat dalam mewujudkan perdamaian.

Bupati Serdang Bedagai dalam sambutannya mengatakan saat ini daerahnya dalam suasana kondusif dan moderasi beragama berjalan dengan baik. Bupati mengatakan adapun riak yang terjadi dengan segera perangkat pemerintah dan forkopimda menyelesaikannya.

Kakankemenag Sergai menyampaikan Sentra Moderasi Beragama Berbasis KUA di KUA Dolok Masihul adalah tempat terakhir di mana sebelumnya Kankemenag Sergai dan Pemda telah melaunching 16 KUA. Kakankemenag juga mengatakan adanya Sentra Moderasi Beragama adalah wujud dari program prioritas Menteri Agama yaitu Penguatan Moderasi Beragama dan Revitalisasi KUA. (Tim)

Berita Terkait