Nasional

Tips dr Reisa Terhindar Covid-19 Selama Libur Panjang

post-img
Foto : Juru Bicara Pemerintah dr Reisa berpesan, saat memberi keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Kantor Presiden Jakarta, Senin (26/10).

LDberita.id - Pemerintah kembali mengingatkan masyarakat agar tetap waspada tertular Covid-19 dalam menyambut libur panjang akhir pekan ini. Beberapa kesiapsiagaan harus dilakukan secara mandiri agar masyarakat aman dari terpapar virus Covid-19.

"Ingat, berlibur itu baik, tetapi harus tetap bertanggung jawab pada kesehatan. Lindungi diri, lindungi orang lain, lindungi negeri," Juru Bicara Pemerintah dr Reisa berpesan, saat memberi keterangan pers perkembangan penanganan Covid-19 di Kantor Presiden Jakarta, Senin (26/10).

Reisa mengatakan bahwa pada pekan ini produktivitas masyarakat dituntut lebih tinggi karena hari kerja lebih singkat. Hal itu disebabkan mulai Rabu 28 Oktober hingga 1 November mendatang sudah memasuki cuti bersama dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW.

Sebenarnya, menurut Reisa, cuti bersama bisa dimanfaatkan masyarakat untuk meluangkan lebih banyak waktu berkumpul bersama keluarga di rumah, atau menambah jadwal olahraga. Bisa juga dimanfaatkan dalam menekuni hobi. Dan tentunya juga dapat dimanfaatkan untuk beristirahat lebih banyak.

Namun, bagi masyarakat yang memang sudah merencanakan liburan dari jauh-jauh hari, atau ada agenda penting yang tidak dapat ditunda, harus memperhatikan beberapa hal. Termasuk yang ingin memilih stay vacation atau staycation. Reisa pun membagikan tips dalam menjaga kesehatan.

Pertama, pastikan anggota keluarga dalam kondisi yang sehat. Kedua, bagi yang bepergian, pilihlah hotel dan akomodasi yang menerapkan standar kesehatan yang tinggi. Ketiga, hindari kontak fisik dengan orang lain yang tidak tahu pasti kondisi kesehatannya. Oleh sebab itu hindari bepergian ke tempat yang ramai dan berkerumun.

"Manfaatkanlah jasa dan room service untuk memesan makanan. Bawa perlengkapan sendiri termasuk handuk, peralatan mandi, peralatan makan, perlengkapan ibadah, disinfektan dan cadangan masker," ujar Reisa.

Tips keempat atau yang terakhir, pilih akomodasi yang memiliki sirkulasi udara yang baik. Dan selalu terapkan protokol kesehatan keluarga dimanapun sedang berada. (ks)
 

Berita Terkait