Batubara

Satu Pegawai Dinkes Batubara Positif Covid-19 10 ASN Tunggu Hasil Swab

post-img

LDberita.id - Seorang ASN inisial S di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Batubara ditemukan reaktif positip Covid-19.

Selain itu, 10 ASN lainnya kini sedang menunggu hasil swab dan 6 ASN menjalani isolasi mandiri.

Kadis Kesehatan Kabupaten Batubara drg Wahid Khusairy (foto) mengungkapkan hal itu kepada wartawan, Senin (31/8/20) malam menjawab informasi yang beredar sejak pagi harinya.

Selanjutnya dijelaskan drg Wahid yang juga juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Batubara, sesuai dengan pedoman penanggulangan Covid-19 revisi 5 maka untuk memutus mata rantai penularan telah dilakukan tracing (pelacakan/penelusuran).

Tracing dilakukan terhadap kontak erat di lingkungan tempat tinggal yang bersangkutan di perumahan de Nibung Desa Tanah Merah Kecamatan Air Putih oleh petugas Kesehatan dan pihak kecamatan serta desa.

Selanjutnya Tracing jug dilakukan di lingkungan kantor Dinkes Kabupaten Batubara terhadap kontak erat sebanyak 16 orang.

Terhadap ke-16 kontak erat tersebut telah dilakukan Swab test kepada 10 orang bergejala dan 6 orang yang tidak bergejala.

Sedangkan kontak erat dijelaskan drg Wahid adalah orang berhubungan atau berkomunikasi atau bertatap muka selama lebih 15 menit dengan jarak kurang dari 1 m.

Kemudian terhadap 6 kontak erat yang tidak bergejala dilakukan isolasi mandiri selama 14 hari. Sedangkan terhadap 10 kontak erat yang bergejala telah menjalani Swab test.

Dengan penambahan positif Covid-19 tersebut menjadikan total positif Covid-19 di Kabupaten Batubara per 31 Agustus 2020 menjadi 59 orang. Sementara yang telah dinyatakan sembuh total 46 orang sehingga yang masih positif berjumlah 13 orang

Sayangnya drg Wahid tidak menjelaskan status rinci ASN yang reaktif positif Covid-19. Apakah merupakan pasien atau memiliki riwayat perjalanan dari daerah terpapar Covid-19 arau orang tanpa gejala." Pungkasnya.(rm)

Berita Terkait