BUMN

Sambut HUT RI, Abipraya Dorong Pemberdayaan Lewat Festival UMK

post-img
Foto : Festival Usaha Mikro dan Kecil (UMK) di pelataran parkir The Hive, Cawang, Jakarta Timur, Jakarta, 12 Agustus 2022

LDberita.id - Jakarta, Dalam rangka menyambut Hut Kemerdekaan Republik Indonesia ke-77 dan Hari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Nasional yang jatuh tepat hari ini, PT Brantas Abipraya (Persero) selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bergerak di bidang konstruksi ini berkolaborasi dengan BUMN konstruksi lainnya menyelenggarakan Festival Usaha Mikro dan Kecil (UMK) untuk mendorong  dan mengembangkan UMK yang merupakan mitra BUMN Karya. Acara yang diadakan selama 3 hari dari tanggal 10 Agustus - 12 Agustus ini pun digelar di pelataran parkir The Hive, Cawang, Jakarta Timur,

“Ini adalah tindak lanjut BUMN Konstruksi terhadap Surat Edaran Kementerian BUMN No. SE-10/MBU/08/2020 Tentang Peningkatan Peran Usaha UMK dalam Pengadaan Barang dan Jasa di BUMN. Kami berharap dengan adanya kegiatan ini Brantas Abipraya dan BUMN lainnya dapat turut mempromosikan UMK agar dapat dikenal masyarakat,” ujar Miftakhul Anas selaku Sekretaris Perusahaan Brantas Abipraya.

Ditambahkan Anas, kegiatan ini juga diharapkan dapat mendukung program Pemerintah untuk mengembangkan UMK serta dunia kreatif, dengan tujuan akhir meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi dan menarik para investor. Pada gelaran ini sebanyak kurang lebih 65 produk unggulan dari UMK yang merupakan mitra binaan BUMN Karya ditampilkan. Produk yang ditawarkan mulai dari fashion, makanan, aksesoris dan pakaian.

Kolaborasi ini merupakan wujud Brantas Abipraya dan BUMN lainnya terhadap pemberdayaan UMK. Keberadaan UMK sangat penting sebagai pilar perekonomian nasional dan untuk menggeliatkan kembali sektor ekonomi UMK yang sempat padam karena terdampak pandemi COVID-19, sehingga kolaborasi ini sangat dibutuhkan. Tak hanya berjualan produk-produk unggulan UMK, menambah keseruan acara yang digelar selama tiga hari ini diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan yang diharapkan mampu menarik perhatian publik khususnya target pasar dalam jumlah yang besar diantaranya karnaval bertemakan daur ulang, peragaan busana, bazaar serta sharing session dari para UMK dan penampilan musik akustik.

Sementara itu, Asisten Deputi Kementerian BUMN Bidang TJSL, Edi Eko memberikan apresiasinya terhadap kolaborasi apik ini yakni Festival UMK BUMN Karya yang sejalan dengan fokus TJSL BUMN yaitu Pengembangan UMK.

Semoga acara yang merupakan wadah promosi dan bertemunya UMK binaan BUMN Karya khususnya Brantas Abipraya ini dapat digelar tiap tahunnya. Sebagai tambahan informasi, mitra binaan Brantas Abipraya pun juga telah terdaftar dalam Padi UMKM yang merupakan marketplace untuk mempertemukan barang dan jasa dari UKM dengan kebutuhan pengadaan di lingkungan Brantas Abipraya,” tutup Anas. (red)

Berita Terkait