logo
logo
PKM UNIMED Memberikan Alat Pengering Biji Kopi Terkontrol kepada Kelompok Usaha Kopi di Desa Paranginan Selatan Kecamatan Paranginan Kabupaten Humbang Hasundutan

LDberita.id - Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM)-Unimed menyerahkan Alat Pengering Biji Kopi Terkontrol kepada Kelompok Usaha Kopi di Desa Paranginan Selatan Kecamatan Paranginan Kabupaten Humbang Hasundutan sebagai Mitra pada kegiatan ini adalah Bapak Jekson E. Sianturi selaku Ketua kelompok usaha kopi.

            Tim PKM-Unimed yang terdiri dari Bapak Drs. Robert Silaban, M.Pd. selaku Ketua Tim didampingi Ir. Batumahadi Siregar, S.T., M.T., IPM., Binsar Maruli Tua Pakpahan, S.T., M.Eng., Agus Naviar, S.Pd. dan Lima orang Mahasiswa dari Program Studi Teknik Mesin Diploma-3.

            Kegiatan PKM ini merupakan kegiatan yang di Danai oleh Dana DIPA Unimed Tahun 2020 dan berdasarkan kajian kebutuhan masyarakat usaha kopi yang telah dilakukan oleh Tim beserta mahasiswa. Inovasi alat pengering ini adalah merupakan pekerjaan mahasiswa dari tugas-tugas mata kuliah yang di integrasikan, yaitu dimulai dari mahasiswa mendesain dan merancang pada tugas mata kuliah Desain Produk, selanjutnya di implementasikan wujud nyatanya dengan membangun alat pada tugas mata kuliah Rekayasa Alat dan Mesin, kemudian dilakukan serangkaian uji fungsional dan uji produktivitas alat, hasilnya adalah kelayakan akan alat untuk dioperasionalisasikan dan diserahkan kepada masyarakat dalam bentuk kegiatan PKM. Mahasiswa yang dilibatkan dalam kegiatan ini selanjutnya membuat laporan hasil karya desain dan inovasi dijadikan Tugas Akhir mahasiswa sebagai syarat mahasiswa menyelesaikan studinya di Program Studi Teknik Mesin Diploma-3 Unimed.

            Untuk melatihkan pengoperasian dan perawatan alat, dilibatkan adalah mahasiswa didampingi oleh Dosen Tim PKM-Unimed, mahasiswa yang turut serta adalah Roni Cristofel Simbolon, Andre Parasian Sinaga, Dendy Wandira, Bastian Elesandro S., dan Muhammad Rangga Atsil. Pelatihan pengoperasian dan perawatan alat dilakukan adalah untuk menjadikan Kelompok Usaha Kopi yang ada di Desa Paranginan terampil dalam pengoperasian dan perawatan alat, sehingga diharapkan alat berdayaguna dan dapat dikembangkan lagi oleh Mitra.

            Dalam kegiatan PKM ini, Tim Pelaksana kegiatan Pengabdian Dosen Unimed menyerahkan seperangkat alat TTG yaitu berupa Alat Pengering Kopi Terkontrol. Dimana tujuan dari kegiatan ini adalah: 1) Memberi Penyuluhan, sosialisasi dan pelatihan ketrampilan bagi kelompok mitra tentang proses pengeringan kopi, 2) Meyerahkan langsung kepada ketua kelompok satu unit TTG berupa Alat Pengering Kopi Terkontrol kapasitas 10 kg/proses, dan 3) Memberikan latihan bagi kelompok mitra mengenai cara pengoperasian dan perawatan alat agar dapat dicapai keberlangsungan proses sesuai dengan harapan semua pihak.

            Drs. Robert Silaban, M.Pd. sebagai ketua Tim PKM-Unimed untuk mitra kelompok tani kopi di Desa Paranginan Selatan dalam kesempatan ini mengucapkan terimakasih kepada LPPM Unimed atas dukungan dan kesempatan kepada Tim PKM untuk melaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini, serta ucapan terimakasih disampaikan kepada Dosen dan mahasiswa Unimed yang ikut mendukung sehingga terwujudnya kegiatan ini. Khususnya juga ucapan terimakasih dan motivasi untuk memberdayagunakan serta mengembangkan usaha kopi kepada Bapak Jekson E. Sianturi selaku ketua kelompok tani kopi. Pada kesempatan ini yang juga dihadiri oleh Bapak Eben Siburian selaku Seketaris Desa mewakili dari Kepala Desa Paranginan Selatan.

            Pada Akhir kegiatan Bapak Drs. Robert Silaban, M.Pd. menyampaikan terimakasih atas penerimaan dan penyambutan masyarakat Desa Paranginan Selatan yang antusias terhadap adanya kegiatan ini dan sekaligus mendapatkan informasi tentang kebutuhan faktual untuk pengembangan teknologi pengolahan kopi ke depan dan menjadi harapan dapat diusulkan pada kegiatan selanjutnya. Pada kesempatan ini pula Bapak Jekson E. Sianturi menyampaikan testimoni walaupun dalam Bahasa Daerah (Bahasa Batak) namum kami peserta dapat memahami dan mengerti apa yang disampaikan Bapak Jekson E. Sianturi, dimana Bapak Jekson mengucapkan terimakasih khususnya kepada Tim PKM-Unimed termasuk mahasiswa dan kepada LPPM-Unimed secara umum, disampaikan pula bahwa Alat dan pelatihan yang diberikan sangat bermanfaat dan sangat berguna bagi usaha kopi dalam pengeringan kopi sehingga kendala selama ini yaitu waktu pengeringan yang lama dan mutu yang rendah dari proses pengeringan sudah terjawab dan dapat teratasi.

            Selanjutnya Bapak Eben Siburian selaku Seketaris Desa menyampaikan ucapan terimakasih kepada Tim PKM-Unimed dan LPPM-Unimed dan menyatakan bahwa kegiatan ini bardampak positif dalam pengembangan usaha kopi di desanya, Bapak Eben Siburian juga berharap untuk pengembangan teknologi proses lainnya seperti Penyanggrai (Rostering), Penggilingan, dan bila dimungkinkan memanfaatkan limbah olahan kopi bernilai komersial. Bapak Eben Siburian juga menyatakan kebanggannya bahwa karya teknologi yang diberdayakan pada masyarakat adalah karya inovasi dari mahasiswa Unimed sendiri yang juga di jadikan sebagai Tugas Akhir mahasiswa dalam menyelesaikan studinya di Unimed.

            Pada akhirnya kami selaku Tim PKM-Unimed di Desa Paranginan Selatan megucapkan terimakasih kepada semua pihak yang mendukung sehingga terlaksananya kegiatan ini dan mohon maaf bila ada kekurangan dan kesalahan. Semoga kegiatan ini berdampak positif berdaya guna bagi masyarakat usaha kopi di Desa Paranginan khususnya dan sentra-sentra usaha kopi yang ada di Kabupaten Humban Hasundutan pada umumnya.

Top