BUMN

Pergantian Dirut PLN Diharapkan Bawa Angin Segar

post-img
Foto : Anggota Komisi VI DPR RI Nusron Wahid

LDberita.id - Anggota Komisi VI DPR RI Nusron Wahid menilai, diangkatnya Darmawan Prasodjo sebagai Direktur Utama PT PLN (Persero) bisa membawa angin segar untuk perkembangan elektrifikasi di Indonesia. Ia pun  mengapresiasi keputusan Menteri BUMN Erick Thohir yang menunjuk Darmawan atau yang akrab disapa Dharmo untuk menggantikan Zulkifli Zaini.

“Kita patut apresiasi Pak Erick Thohir yang berani angkat Pak Dharmo jadi Dirut PLN. Sebab dia dikenal sebagai figur yang progresif dalam membongkar sumbatan birokrasi di PLN," ujar Nusron dalam keterangan yang diterima Parlementaria, Kamis (9/12/2021).

Nusron mengatakan, sudah menjadi rahasia umum bahwa begitu banyak urusan yang stagnan di PLN karena birokrasi mandek dan terkesan konservatif. Hal itu yang kemudian menyebabkan banyak proyek yang stagnan. "Namun dengan kepemimpinan yang baru, saya yakin Pak Dharmo bakal improve di PLN sehingga ke depan bisa lebih progresif," ungkap Nusron.

Politisi Partai Golkar ini menilai, Dharmo merupakan figur profesional yang mengerti politik sehingga dalam kepemimpinannya bakal bisa lebih akseleratif. "Ini figur yang langka di dalam PLN. Ini bagus. Sebab, bisnis energi sangat terkait dengan politik," pungkas Nusron.

Sebelumnya, Menteri BUMN Erick Tohir melakukan pencopotan Zulkifli dilakukan dalam Rapat Umum Pemegang Saham atau RUPS PLN pada 6 Desember 2021. Posisi Zulkifli kemudian digantikan oleh wakilnya selama ini, Darmawan Prasodjo.

Erick pun menegaskan bahwa kinerja Zulkifli selama memimpin PLN sangat bagus. Namun, rotasi pimpinan di perusahaan listrik negara tersebut tetap dilakukan guna mempercepat penggunaan renewable energy atau energi baru terbarukan. (*)

Editor: Rico

Berita Terkait