Nasional

Menag Beri Penghargaan Kepala Daerah Peduli PTKIN

post-img

LDberita.id - Menteri Agama Fachrul Razi, Jumat (21/08) malam, memberikan penghargaan kepada para Kepala Daerah yang dinilai peduli terhadap perkembangan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).
Penghargaan juga diberikan kepada Mitra Pendukung Seleksi Prestasi Akademik Nasional-Ujian Masuk (SPAN-UM) PTKIN, dan PTKIN dengan pendaftar tertinggi baik dari jalur SPAN-PTKIN maupun UM-PTKIN.

Penghargaan ini diberikan dalam rangkaian FGD Kelulusan Ujian Masuk PTKIN Tahun 2020 yang dihadiri para rektor/ketua dari 58 PTKIN di Indonesia. Turut mendampingi Menag dalam penyerahan penghargaan, Dirjen Pendidikan Islam Ali Ramdhani dan Ketua Panitia Nasional  SPAN-UM PTKIN, Mahmud yang juga Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Penghargaan untuk Kepala Daerah diberikan Menteri Agama Fachrul Razi kepada Gubernur Provinsi Jawa Timur atas upaya melawan Covid-19 dengan pendekatan spiritual, selain protokol kesehatan, berdasarkan rekomendasi forum pimpinan PTKIN.

Penghargaan juga diberikan kepada Walikota Palembang, Bupati Tulungagung serta Bupati Jember atas kepedulian mereka terhadap perkembangan pendidikan Islam. Untuk mitra PTKIN, penghargaan diberikan kepada PT BNI (Persero) tbk dan PT Indosat tbk.

Selain itu, diberikan juga penghargaan kepada PTKIN dengan Pendaftar Tertinggi SPAN-PTKIN dan PTKIN dengan Pendaftar Tertinggi UM-PTKIN.
Pendaftar Tertinggi SPAN-PTKIN 2020 kategori UIN diberikan kepada, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Untuk kategori IAIN, penghargaan diberikan kepada IAIN Bukittinggi, IAIN Surakarta dan IAIN Tulungagung.

Sementara untuk kategori STAIN, penghargaan diberikan kepada STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, STAIN Majene dan STAIN Bengkalis.

Untuk pendaftar Tertinggi UM-PTKIN kategori UIN, penghargaan diberikan kepada UIN Alauddin Makassar, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta serta UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Untuk kategori IAIN, apresiasi diberikan kepada IAIN Tulungagung, IAIN Surakarta dan IAIN Jember. Sedangkan untuk kategori STAIN, penghargaan diberikan kepada STAIN Majene, STAIN Bengkalis dan STAIN Gajah Putih Takengon.

Acara dilanjutkan penyampaian rekor MURI kepada panitia nasional UM PTKIN dengan peserta terbanyak yang mengikuti ujian secara daring tahun 2020. Penghargaan diberikan perwakilan MURI Triyono kepada Ketua Panitia Nasional UM PTKIN yang juga Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Mahmud. (jf)

Berita Terkait