logo
logo
Anggota Komisi VIII DPR RI M. Husni saat mengikuti pertemuan Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi VIII DPR RI, Medan, Jumat (9/10/2020).

LDberita.id - Anggota Komisi VIII DPR RI M. Husni meminta Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) konsisten menyediakan, bahkan terus meningkatkan anggaran untuk Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). Tujuannya, mendukung program kerja FKUB dalam rangka merawat toleransi antar umat beragama yang sudah terjalin harmonis selama ini, khususnya di Provinsi Sumatera Utara (Sumut). 

Hal itu disampaikan Husni usai mengikuti pertemuan Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi VIII DPR RI dengan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Sumut Syahrul Wirda, Ketua MUI Provinsi Sumut Prof. Abdullah Syah, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Provinsi Sumut Maratua Simanjuntak dan perwakilan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Provinsi Sumut, Medan, Jumat (9/10/2020). 

"Ketua FKUB Sumut mengungkapkan, masih adanya Pemkab atau Pemkot yang tidak memberikan anggaran bagi FKUB. Saya mengingatkan Pemerintah agar menguatkan perhatian terhadap FKUB melalui pengalokasian anggaran. Meski, khususnya di Sumut tidak ada masalah konflik, namun justru kebaikan yang terjalin selama ini harus kita rawat," ujar legislator dapil Sumut I tersebut. 

Apalagi, ungkap politisi Fraksi Partai Gerakan Indonesia Raya (F-Gerindra) ini, Menteri Agama Fachrul Razi saat kunjungan ke Papua baru-baru ini akan membuat sebuah sistem kerukunan beragama mulai dari Aceh hingga Papua. Salah satu diantaranya, dengan yel-yel seruan kerukunan beragama yang dijawab "rukun, rukun, rukun.

"Jadi, Komisi VIII menganjurkan kembali dengan tegas agar Kementerian Agama memperhatikan alokasi anggaran untuk FKUB demi tujuan mulia semakin terawatnya kerukunan antar umat beragama di Negara Kesatuan Republik Indonesia pada umumnya dan Sumatera Utara pada khususnya," pungkas Husni. (js) 

Sumber : dpr.go.id

Top