Sosial

Komisi V Apresiasi Kinerja Kades Jadikan Desa Kutuh Destinasi Wisata Favorit

post-img
Foto : Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae saat memimpin Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI ke Desa Kutuh, Badung, Bali, Kamis (26/11/2020). dpr.go.id

LDberita.id - Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae menilai keberhasilan Desa Kutuh, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Provinsi Bali menjadi salah satu destinasi pariwisata favorit bagi wisatawan domestik maupun luar negeri karena kerja sama dari sistem dualitas kepemimpinan antara kepala desa adat dan kepala desa saat menjalankan tugas administratif atau pemerintahan desa.

“Yang saya lihat di sini kenapa bisa menjadi berhasil, padahal dulu desa ini dikenal kurang baik, tentu karena peran dualitas kepemimpinannya. Jadi kepala desa adat dan kepala desa biasa saling bekerja sama saling menutupi kekurangan, sehingga masyarakat dapat percaya,” kata Ridwan usai memimpin Tim Kunjungan Kerja Spesifik Komisi V DPR RI ke Desa Kutuh, Badung, Bali, Kamis (26/11/2020).

Lebih lanjut politisi Partai Golkar iru mengatakan, kegiatan Desa Kutuh bisa menjadi salah satu contoh yang dapat diikuti oleh desa-desa yang lainnya. Untuk itu Ridwan meyampaikan kepada jajaran Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) agar menjadikan daerah tersebut sebagai studi banding ataupun tempat pembelajaran.

“Desa Kutuh ini bagus sekali. Punya lapangan sepak bola sendiri, hotel-hotel juga akan segera didirikan, dan pantai yang begitu bagus. Untuk itu saya imbau kepada Kementerian Desa PDTT agar menjadikan daerah ini sebagai tempat studi banding, sehingga desa lain bisa mengikuti langkah-langkahnya,” pesan legislator daerah pemilihan (dapil) Sulawesi Tenggara itu.

Seperti yang diketahui, dahulu Desa Kutuh merupakan salah satu desa termiskin di Bali. Dengan berbagai upaya uang dilakukan perangkat desa dan masyarakat setempat, saat ini rata-rata jumlah kunjungan wisatawan ke daerah tersebut diperkirakan mencapai 3 ribu orang per hari, sebelum adanya Covid-19. Kesuksesan di bidang pariwisata ini mengantarkannya menjadi percontohan bagi desa yang lainnya." pungkasnya. (***)

Berita Terkait