logo
logo
Kemenag Sumut Drs. H. Abd. Amri Siregar, M.Ag

LDberita.id - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Abd. Amri Siregar, M.Ag mengatakan siswa punya peran penting sebagai pelopor moderasi beragama khususnya di Sumatera Utara. Hal tersebut disampaikan Kakanwil saat menerima kunjungan siswa MAN Labuhanbatu Rizka Anggara Al-Fariz Zein Lubis yang akan ke Bogor untuk mengikuti Seleksi Calon Inisiator Muda Pemilihan Duta Harmoni, Selasa (23/11/2021), di Ruang Kakanwil.

Kakanwil menyampaikan bahwa moderasi beragama adalah program prioritas Menteri Agama yang harus dapat direalisasikan. Menurut Kakanwil Kemenagsu moderasi beragama sejak awal sudah dilakukan saat Islam berkembang,

“Dalam Islam kita mengenal wasathiyah. Dan itu sudah ada sejak Islam berkembang sampai sekarang. Menteri Agama kemudian membuatnya menjadi program prioritas sebagai tanda bahwa kita memang negara yang menjunjung tinggi toleransi. Maka madrasah melalui guru, siswa, dan perangkat lainnya harus ambil peran untuk itu, tujuannya agar negara kita damai, sejahtera, dan rukun,” tambah Kakanwil.

Kakanwil mengapresiasi siswa MAN Labuhanbatu dan seluruh siswa lainnya yang bekerja keras mengangkat nama daerah. Kakanwil ingin madrasah terus meningkatkan prestasinya dan merealisasikan madrasah yang mandiri berprestasi,

“Saya mengapresiasi siapapun dari Kanwil Kemenag Sumut yang mengharumkan nama Sumatera Utara di ajang nasional. Terus tingkatkan prestasi dan mari sama-sama kita wujudkan madrasah yang mandiri berprestasi,” lanjut Kakanwil.

Disela diskusi Kakanwil Kemenagsu juga menguji persentase Fariz Zein yang akan dibawanya di 50 besar Duta Harmoni. Fariz Zein menyampaikan aksinya dalam menjalankan program Moderasi Beragama khususnya di Labuhanbatu.

Hadir dalam audiensi Kepala Bidang Pendidikan Madrasah H. Erwin Pinayungan Dasopang, M.Si, Kepala Seksi Kurikulum dan Kesiswaan H. Syawaluddin Matondang, SE, MM, Kasubbag Umum dan Humas Drs. H. Muhammad Yunus, MA. Hadir juga Kepala Madrasah Negeri Labuhanbatu Dra. Nurhabibah Harahap, S.Pd beserta guru pembimbing Wilda Nasution. Hadir juga Kepala MAN 1 Medan Reza Faisal, S.Pd, M.PMat., dan Kepala MAN 3 Medan Dr. Nurkholidah, S.Pd.I., M.Pd. (Rico)

Top