logo
logo
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Syahrul Wirda, MM melantik beberapa pejabat administratif di lingkungan Kanwil Kemenag Sumut di Aula Kanwil Kemenag Sumut

LDberita.id - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Syahrul Wirda, MM melantik 13 pejabat administrator di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara di Aula Kanwil Kemenagsu, Rabu (6/1).

Turut hadir dalam pelantikan Kepala Bagian Tata Usaha Kanwil Kemenagsu Dr. H. Muhammad David Saragih, S.Ag, MM, Kepala Bidang PHU Drs. H. Muslim, MM, Kepala Bidang Urais dan Binsyar Dr. H. Syafi’i, MA, Kepala Bidang Bimas Kristen Dr. Arnolt Napitupulu, M.Pd.K, para pembimas, dan para Kasubbag Kanwil Kemenagsu.

“Hari ini atas nama Menteri Agama saya melantik saudara-saudara sekalian untuk mengisi jabatan administrator di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara,” ucap Kakanwil Kemenagsu.

Menurut Kakanwil Kemenagsu ini merupakan hal yang lumrah dilakukan dalam rangka penyegaran dan juga tuntutan organisasi. maka oleh sebab itu harus disikapi dengan positive thinking dan Khusnuzon. Kemudian Kakanwil Kemenagsu mengingatkan bahwa amanat ini berasal dari Tuhan yang Maha Esa.

“Untuk itu kepada seluruh pejabat yang dilantik hari ini, saya harapkan kiranya dapat mengoptimalkan perannya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi masing-masing yang telah diamanatkan kepada Saudara-Saudara dengan sebaik-baiknya, berkomitmen, dan penuh rasa tanggung jawab. Hal ini penting untuk dipahami dan dijiwai bahwa konsekuensi pelaksanaan jabatan bukan hanya dipertanggungjawabkan kepada bangsa, negara dan masyarakat semata, akan tetapi lebih dari itu juga akan dipertanggungjawabkan dihadapan Tuhan Yang Maha Esa,” ujar Kakanwil Kemenagsu.

Di umur Kementerian Agama yang memasuki ke-75 tahun, Kakanwil Kemenagsu berpesan uintuk mewujudkan Kementerian Agama dengan semangat baru. Menteri Agama berpesan dengan motivasi tinggi untuk mempedomani, merenungkan semangat tersebut. Terkhusus bagi aparatur dan pegawai di Kementerian Agama, baik struktural maupun fungsional.

Semangat Kementerian Agama tersebut meliputi peningkatan pelayanan dan tata kelola birokrasi termasuk pelayanan haji dan umroh, pendidikan keagamaan, dan kemudian moderasi beragama melaui penguatan interaksi keagamaan, literasi keragaman, dan menjaga kerukunan umat beragama, baik intern, antarumat beragama, dan antarumat beragama dengan pemerintah.

“Kita harus menjadi garda terdepan mewujudkan semangat baru Kementerian Agama RI di tahun ini. Menteri Agama berpesan untuk laksanakan semangat baru tersebut seperti peningkatan pelayanan, menjaga moderasi beragama, dan juga meningkatkan rasa persaudaraan,” ungkap Kakanwil Kemenagsu.

Berikut nama-nama pejabat yang dilantik hari ini, H. Abdul Azhim, S.Pd.I, MA semula menjabat sebagai Kepala Seksi Pondok Pesantren Mahad ‘Aly Bidang Pakis menjadi Kepala Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kanwil Kemenag Sumut.

Drs. H. Muksin Batubara, M.Pd semula Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Karo menjadi Kepala Bidang Pendidikan Agama dan Keagamaan Islam Kanwil Kemenag Sumut.

H. Abdul Manan, MA semula Kepala Bidang Penerangan Agama Islam dan Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kanwil Kemenag Sumut menjadi Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Padang Lawas.

H. Hurung Jaya Saragih, M.Pd semula Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Gunungsitoli menjadi Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Nias Selatan.

H. Saripuddin Daulay, S. Ag, M.Pd semula Kepala Subbag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kab. Serdang Bedagai menjadi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Gunungsitoli.

Drs. H. Ihwan semula Kepala Subbag Tata Usaha Kantor Kementerian Agama Kab. Tapanuli Selatan menjadi Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Tapanuli Selatan.

Zulkifli Sitorus, MA semula Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Wilayah Kementerian Agama Kab. Serdang Bedagai menjadi Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Serdang Bedagai.

H. Mustapid, MA semula Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumut menjadi Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Karo.

H. Erwin Pinayungan Dasopang, M.Si semula Analis Pengelola Keuangan APBD Ahli Muda pada Sub Bagian Keuangan dan Barang Milik Negara Kanwil Kemenag Sumut menjadi Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag Sumut.

H. Ainul Aswad, MA semula Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kab. Langkat menjadi Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Binjai.

H. Ahmad Qosbi, S.Ag, MM semula Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kab. Deli Serdang menjadi Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Mandailing Natal.

Wanton Naibaho, S.Sos, M.Pd semula Pembimas Katolik Kanwil Kemenag Sumut menjadi Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Toba Samosir, Pendi Justianus Lukas Sinurat, M.Pd semula Penyelenggara Katolik Kantor Kementerian Agama Kab. Serdang Bedagai menjadi Pembimas Katolik Kanwil Kemenag Sumut. (Od)

Top