logo
logo
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sumatera Utara Drs. H. Abd.Amri Siregar, M.Ag

LDberita.id - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Utara Drs. H. Abd. Amri Siregar, M. Ag menyampaikan pentingnya peran tokoh agama dalam menjaga kondusivitas di tengah masyarakat. Ia meminta kerja sama dan peran tokoh agama sehingga masyarakat dapat menjalankan aktivitas keagamaannya dengan baik,

“Peran tokoh agama sangat banyak untuk masyarakat. Ia merupakan figur yang menjadi contoh, ucapannya teladan bagi umat, dan setiap aktivitasnya dapat memecahkan persoalan umat. Maka, mari sama-sama kita bekerja sama dalam menjaga kondusivitas sehingga umat beragama khususnya Umat Islam dapat menjalankan aktivitas keagamaan dengan baik,” ungkap Kakanwil saat membuka kegiatan Pembinaan Tokoh Agama Islam Tahun 2021 di Hotel Miyana, Selasa (24/11/2021).

Kakanwil juga mengatakan pembinaan tokoh agama bukan berarti Kementerian Agama melakukan pembinaan atau memberi arahan, tetapi meminta saran dan sumbangsih para tokoh agama untuk menyelesaikan permasalahan di daerah masing-masing.

Kakanwil jua mengatakan bahwa umat Islam menjalankan 2 peran sekaligus, yaitu menjalankan ajaran agama sebagai umat Islam dan juga sebagai warga negara. Maka, sejatinya sangat baik bagi umat Islam untuk melaksanakan hal tersebut karena sesuai dengan ajaran agama, Pancasila, dan Undang-undang.

Fakta sejarah mengatakan peran umat Islam sangat besar. Hal tersebut tertuang dalam pancasila dan Undang-undang. Maka sebenarnya tidak ada kesulitan bagi Umat Islam untuk menjalankan ajaran agama dan menjadi warga negara,” tambah Kakanwil.

Kakanwil juga mengatakan agar para tokoh agama menggaungkan ajaran agama Islam yang Rahmatan Lil Alamin. Kemudian Kakanwil melihat potensi besar di Sumatera Utara dalam menjaga stabilitas dan kekondusivitas di daerah masing-masing,

“Kementerian Agama sebenarnya secara struktur sudah menyentuh akar rumput. Kita punya penyuluh, penghulu. Kemudian KUA kita ada di desa dan kelurahan, dan satuan kerja lainnya. Maka, saya akan menginstruksikan seluruh satuan kerja untuk bekerja sama dengan para tokoh agama,” lanjut Kakanwil.

Kakanwil juga meminta kepada para tokoh agama untuk mewaspadai hoax, isu perpecahan, dan ujaran kebencian di masyarakat serta menjadi peredam masalah keagamaan di tempatnya masing-masing.

Kegiatan Pembinaan Tokoh Agama Islam diselenggarakan oleh Bidang Penerangan Agama Islam, Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kanwil Kemenagsu dan diikuti para tokoh agama Islam dari Kab/Kota se Sumatera Utara.

Hadir dalam pembukaan Kepala Bidang Penaiszawa H. Abdul Azhim, S.Pd.I, MA, Kasi Kasi Kemitraan Umat, Publikasi Dakwah dan Hari Besar Islam H. Awaluddin , S.Sos.I, Kasi Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Muhammad Asrul, S.Ag, M.Pd, dan Kasubbag Umum dan Humas Drs. H. Muhammad Yunus, MA. (Rico)

Top