Nasional

HPN 2021, DPR Berharap Insan Pers Terus Kawal Demokrasi dan Pemulihan Ekonomi

post-img
Foto : Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin. Foto: Oji/nvl

LDberita.id - Wakil Ketua DPR RI M. Azis Syamsuddin berharap di peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 dan milad Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke-75 di tengah pandemi Covid-19, pers terus berkontribusi mengawal demokrasi dan membantu pemulihan ekonomi melalui informasi yang membangun demi kemajuan bangsa.

“Pers harus selalu menyampaikan informasi yang objektif, membangun, dan mengedukasi masyarakat. Pers harus dapat membantu program pemerintah dalam melakukan pencegahan penyebaran COVID-19 melalui pemberitaan edukasi di tengah masyarakat. Sehingga terwujudnya Indonesia Sehat dan Percepatan Ekonomi Nasional dapat terwujud,” kata Azis dalam siaran persnya, Senin (8/2/2021). Tema HPN yang diangkat pada tahun ini yaitu "Bangkit Dari Pandemi, Pers Sebagai Akselerator Perubahan dan Pemulihan Ekonomi".

Azis menjelaskan, pers di era reformasi manjadi salah satu pilar demokrasi setelah lembaga eksekutif, legislatif dan yudikatif. Sehingga, Azis berharap pers merupakan hal yang sangat penting dalam kehidupan berdemokrasi di Indonesia saat ini dalam melakukan fungsi kontrol terhadap pemerintah. "Kita harapkan pers dapat menciptakan kualitas demokrasi yang lebih baik dan terus memperhatikan prinsip etika jurnalistik" ujarnya.

Lebih lanjut politisi Partai Golkar itu mengharapkan pers dapat menangkal informasi hoaks yang marak terjadi di sosial media mengenai Covid-19, misalnya soal vaksin dan sebagainya. Karena itu, Azis menekankan, pers sejatinya dapat meluruskan mengenai hoaks tersebut sehingga dapat menciptakan situasi kondusif di tengah masyarakat, terlebih di tengah pandemi Covid-19 yang selama ini dialami di seluruh dunia.

"Pers harus dapat menjadi penyambung informasi yang baik kepada masyarakat. Semoga seluruh insan pers dapat melakukan aktivitasnya dengan selalu menjaga kesehatan dan imun tubuh dengan menerapkan protokol kesehatan. Karena kita harus selalu ingat, bahwa keluarga menanti di rumah" tutup Pimpinan DPR RI Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Korpolkam) itu." pungkasnya. (***)

Berita Terkait