Medan

Ground Breaking Stadion Teladan, Bobby Nasution: Kebanggaan Pecinta Sepakbola dan Marwah Kota Medan

post-img
Foto : Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam Ground Breaking Pekerjaan Fisik Sarana dan Prasarana Pendukung Stadion Teladan & Proyek Rehabilitasi dan Renovasi Stadion Teladan Kota Medan, Selasa (6/2)

LDberita.id - Medan, Dapat dibanggakan tidak hanya bagi pecinta sepakbola, tapi juga menjadi marwah bagi seluruh masyarakat dan Kota Medan menjadi harapan besar yang disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam Ground Breaking Pekerjaan Fisik Sarana dan Prasarana Pendukung Stadion Teladan & Proyek Rehabilitasi dan Renovasi Stadion Teladan Kota Medan, Selasa (6/2).

"Alhamdulillah, setelah melewati proses yang panjang, akhirnya kita bisa sampai pada titik ini. Hari di mana kita sama-sama bisa melakukan ground breaking. Pelaksanaan ini juga menjadi wujud kolaborasi antara Pemko Medan dan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Sebab, anggaran yang kita gunakan tidak hanya berasal dari APBN tapi juga APBD Kota Medan," kata Bobby Nasution.

Penekanan tombol seraya turunnya mesin pengeboran menggunakan alat berat oleh Bobby Nasution menjadi pertanda dimulainya ground breaking stadion yang menjadi markas PSMS Medan tersebut. Dirjen Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI Diana Kusumastuti, Forkopimda Kota Medan, pimpinan perangkat daerah, camat se-Kota Medan serta pimpinan perusahaan konstruksi juga turut serta dalam kesempatan tersebut.

Itu sebabnya menantu Presiden Joko Widodo ini mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Pusat karena telah bersedia mendengar keluhan para pecinta sepakbola di Kota Medan terhadap Stadion Teladan. Apalagi, ungkapnya, stadion yang dibangun tahun 1952 dan selesai 1953 tersebut memiliki nilai sejarah yang tinggi.

"Stadion ini punya banyak cerita karena telah melahirkan banyak atlet terbaik di dunia sepakbola, khususnya. Sekian di antaranya pernah menjadi kiper Timnas Indonesia yang merupakan pemain dari PSMS Medan," imbuhnya dalam ground breaking yang juga memutarkan video lanskap desain Stadion Teladan usai direnovasi nantinya.

Terakhir, orang nomor satu di Pemko Medan ini meminta kepada semua untuk sama-sama menjaga fasilitas yang telah ada jika Stadion Teladan selesai dibangun kembali. "Tentu ini harus sama-sama kita jaga. Insya Allah, pekerjaan-pekerjaan kita ini bisa terselesaikan dengan baik," harapnya.

Stadion Teladan Medan ini nantinya akan dibangun bertaraf Internasional dan berstandar FIFA menggunakan dana APBN dan APBD Kota Medan. Untuk APBN, total anggaran yang digunakan sebesar Rp. 280 miliar yang digunakan dalam pekerjaan bangunan utama stadion yang menjadi kebanggaan warga Kota Medan tersebut.

Sementara itu, besar dana APBD Kota Medan yang akan digunakan sebesar Rp.265 miliar dengan rincian Rp.235 miliar anggaran dari Dinas Perumahan dan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (Perkim Cikataru) Kota Medan untuk pembangunan sarana dan prasarana fisik kawasan stadion seperti fly over, lanskap dan furniture stadion. Kemudian, anggaran dari Dinas Sumber Daya Air, Bina Marga dan Bina Konstruksi (SDABMBK) Kota Medan sebesar Rp.30 miliar untuk pekerjaan drainase bagian luar sepanjang lebih kurang 5000. (Js)

Berita Terkait