logo
logo

LDberita.id - Dividen BUMN kontribusinya dinilai sangat penting bagi Indonesia. Oleh karenanya Menteri BUMN Erick Thohir menekankan kepada seluruh perusahaan plat merah agar memberikan dividen yang maksimal untuk negara.

“Dividen BUMN tentu menjadi sangat penting. Direksi dan seluruh jajarannya harus mendorong proditabilitas, efisiensi dan kinerjanya terutama bagi BUMN yang berorientasi terhadap perekonomian,” ujarnya ketika rapat dengan perwakilan perusahaan-perusahaan pelat merah di Plaza Mandiri, Jakarta, (09/09).

Lebih lanjut mantan bos Inter Milan itu memaparkan bahwa terdapat dua belas klaster yang akan dikelola oleh kedua wakilnya tersebut.
Tiap Wakil Menteri, sebut Erick, nantinya akan mengelola masing-masing sebanyak enam klaster BUMN.

Wamen BUMN I akan mengawasi dan mengelola BUMN pada klaster migas dan energi, minerba, perkebunan dan kehutanan, pangan, kesehatan, serta manufaktur.

Kemudian Wamen BUMN II akan mengelola klaster jasa keuangan, asuransi dan dana pensiun, telekomunikasi dan media, infrastruktur, logistik, serta pariwisata dan pendukung.

“Untuk menciptakan ekosistem bisnis yang sehat dan kompetitif maka diperlukan pengelompokan atau klasterisasi BUMN sesuai dengan core businessnya masing-masing,” terang Erick.

Dengan pengelolaan yang baik diharapkan ke depan Ddividen BUMN akan mampu berkontribuysi lebih baik terhadap perekonomian Indonesia.
Selain mampu memberikan dividen BUMN yang maksimal, ekosistem bisnis yang sehat dan kompetitif tentunya dapat membawa BUMN go global.

Menurutnya perusahaan BUMN sangat penting meningkatkan kinerjanya secara operasi, aset dan keuangan agar bisnisnya mampu go global.
Tercatat sampai dengan saat ini terdapat 72 kantor cabang dari perusahaan BUMN yang tersebar di seluruh negara. (*)

Top