Batubara

Di Kecamatan Lima Puluh Ada 3 Desa Rawan Banjir

post-img

LDberita.id - Bupati Batubara Ir H Zahir, MAP mengatakan tiga desa terdampak banjir masing-masing Kwala Gunung, Simpang Dolok dan Empat Negeri memang kerap menjadi langganan banjir sejak dirinya masih kecil.

“Masa saya masih kecil lokasi ini memang sering jadi langganan banjir” kata Bupati disela peninjauan lokasi banjir di tiga desa, di Kecamatan Datuk Lima Puluh, Senin (7/9/20).

Berkenaan dengan itu Bupati berjanji akan berusaha maksimal mengatasi masalah banjir. Bupati juga  menginstruksikan Dinas PUPR untuk membangun drainase bekerja sama dengan para ahli dengan cara riset.

Selain itu Zahir juga menginstruksikan dinas terkait agar segera menurunkan pompa air untuk menyedot air yang masih menggenangi rumah warga.

Sementara Kepala BPBD Kabupaten Batubara Anwardi, SPd yang turut dalam peninjauan mengatakan, terjadinya banjir karena meluapnya air sungai disekitar lokasi.

Air sungai yang meluap merupakan air kiriman dari Simalungun akibat tingginya curah hujan secara terus menerus dalam sepekan, katanya.

Akibat banjir dengan ketinggian air diatas lutut orang dewasa tersebut, terdata 70 KK warga di Desa Simpang Dolok terkena dampak. Sedangkan di Desa Empat Negeri 20 KK dan 65 KK di Desa Kwala Gunung." Pungkasnya.(rm)

Berita Terkait