Batubara

Di Desa Tanah Merah, Pemilihan Anggota BPD Persis Pilkades

post-img

Batubara, (LADANG BERITA) 
Tak jauh berbeda dengan pemihan kepala desa (Pilkades), pemilihan anggota BPD di Desa Tanah Merah, Kec Air Putij, Kab Batubara juga dilakukan secara langsung.

Pemilihan calon anggota Badan Permusyawaratan (BPD) dilakukan secara demokratis, para calon dipilih oleh seluruh warga, Rabu (8/1/20) di kantor desa setempat. 

Ketua Panitia Pemilihan Anggota BPD Ahmad Setia Bakti menyebutkan, hal ini dilakukan untuk memilih anggota BPD dengan demokrasi. Ini kali pertama pemilihan anggota BPD dilaksanakan secara lansung, melibatkan seluruh masyarakat desa, dengan undangan memilih, seperti Pilkades.

"Kita akan merobah sistem yang lama, kala itu hanya main tunjuk, lalu di musyawarahkan, sehingga masyarakat tidak bisa mengusulkan calon yang diinginkannya," jelas Ahmad Setia Bakti yang juga sebagai ketua BKPRMI Batunara itu. 

Bupati Batubara Ir Zahir. MAP melalui Camat Air Putih, Riadi S.Pd.MPd, kepada wartawan menyebutkan, pemilihan anggota BPD secara langsung dibenarkan dalam Undang - undang sesuai Permendagri No 110 Tahun 2016 tentang BPD Pasal 5 ayat 1. 

"Anggota BPD adalah wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan perempuan yang pengisiannya secara demokratis melalui proses pemilihan secara langsung atau musyawarah perwakilan",  jelas Camat 

Lanjut Riadi, terima kasih kepada tokoh masyarakat Desa Tanah Merah yang telah menuangkan ide kreatif, innovatif atas terselenggaranya pemilihan anggota BPD secara langsung dengan calon dari masing - masing dusun.

"Mungkin ini yang pertama kali dilakukan secara lansung pemilihan anggota BPD Desa Tanah Merah Kecamatan Air Putih, Batu Bara, periode 2020 - 2026", pungkas Riadi.

Pj Kepala Desa Tanah Merah, Fauzi Andayu pemilihan anggota BPD Tanah Merah yang dilakukan secara langsung adalah hal yang positif, warga sangat mendukung pemilihan yang dilakukan secara demokrasi, sementara anggaran biaya di anggarkan pada ADD 2020, terang Fauzi. (od)

Berita Terkait